Publikasi

Mr. Alan going to MITRA 5.0 Program
20 Jul 2022

Selamat kepada Bapak Alan Darmasaputra yang telah bergabung dengan Program MITRA 5.0, program kerjasama bagi civitas akademika oleh Monash University Indonesia dan Traveloka Academy.

"MITRA 5.0" adalah sebuah program inisiatif pengembangan kapasitas selama empat minggu yang dikembangkan bersama oleh Monash University, Indonesia dan Traveloka Academy sebagai program percontohan kami. Nama "MITRA" merupakan singkatan dari "Monash University, Indonesia dan Traveloka Academy", dan "5.0" menunjukkan bahwa program ini berfokus pada digital dan teknologi, di mana industri 5.0 mengacu pada revolusi industri kelima dimana kita semua harus siap – karena dunia semakin mengandalkan teknologi 4.0, termasuk Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), Big Data (BD), platform digital antara lain – di mana interaksi dan kolaborasi antara manusia dan mesin menjadi lebih terintegrasi dan didorong oleh nilai-nilai tersebut.

Program ini bertujuan bahwa dengan bekerja sama antara universitas dan akademisi Indonesia dalam mengalami tantangan industri yang sebenarnya, bersama-sama kita dapat menemukan kesenjangan yang ada antara industri Teknologi dan universitas, dan bagi peserta program untuk membangun konten yang relevan dengan industri yang dapat diimplementasikan efektif di perguruan tinggi.

Peluang seperti itu juga harus didukung oleh talenta digital yang unggul, dan Indonesia (seperti negara lain) juga menghadapi kekurangan talenta digital terutama untuk memenuhi tujuan pemerintah Indonesia dalam mencapai 9 juta talenta digital pada tahun 2030.

Untuk itu Universitas Kristen Petra melalui program ini juga akan mendukung transformasi kurikulum akademik ini dan mendukung pemerintah Indonesia untuk meningkatkan talenta digital untuk generasi masa depan.

Baca lebih lanjut>
Pemenang Simulasi STES-ACCA Global Audit
25 Agu 2021

Selamat kepada :

Jennifer Adriana Mucti,

Devina Nathania Joviaal,

Monika Yovela,

dan Calvin Clarence sebagai tim pemenang simulasi STES-ACCA Global Audit. Acara ini merupakan kerjasama antara Sunway TES CAE dan ACCA, didukung oleh 5 Besar di Malaysia (E&Y, PwC, KPMG, Deloitte, dan BDO)

Peserta pada acara ini berasal dari Malaysia, China, India, Vietnam, dan Indonesia dengan jumlah mahasiswa lebih dari 250 orang

Baca lebih lanjut>
2 mahasiswa IBAcc untuk Program MBKM oleh Kampus Merdeka
20 Agu 2021

Selamat kepada Ebel Federico dan Wincent Tanjaya yang terpilih dalam Program MBKM oleh Kampus Merdeka.

Mereka adalah 2 dari 30 mahasiswa Universitas Kristen Petra yang diterima di program ini.

 

Program ini dibuat oleh Kementerian Pendidikan Republik Indonesia untuk mendukung mahasiswa merasakan kondisi kerja yang nyata.

 

Ebel dan Wincent lolos seleksi setelah bersaing dengan 104.641 mahasiswa dari 1.345 perguruan tinggi di seluruh Indonesia

Baca lebih lanjut>
Program Nasional Young Leaders for Indonesia Tahun 2021
14 Jul 2021

Selamat kepada Gabriella Gunawan atas terpilihnya sepagai peserta dari Program Nasional Young Leaders for Indonesia 2021.

Program YLI ini adalah sebuah program pengembangan kepemimpinan yang sangat intansif yang mengacu kepada program pengembangan dari McKinsey.

Gabriella akan bergabung bersama mahasiswa dari universitas internasional lain dari Asia, UK, US, and Canada.

Baca lebih lanjut>
Pencapaian dalam INKOMPASS 2021
05 Jul 2021

Selamat kepada kedua mahasiswi kami, atas prestasi mereka, dalam Program INKOMPASS: program magang internasional yang unik yang memungkinkan siswa untuk menemukan diri mereka sendiri melalui tantangan dan keragaman budaya.

Kedua mahasiswi kami baru saja terpilih dan akan mengalami perjalanan magang mereka bersama 26 mahasiswa lainnya dari Universitas Indonesia, UK Parahyangan, ITB, Prasetiya Mulya, Universitas Gadjah Mada, ITS dan University of California Berkeley.

Cathlyn dan Jennifer telah melewati tahap seleksi dari lebih dari 5000 peserta untuk mengikuti Program INKOMPASS

Raih masa depan Anda sendiri dan bergabunglah dengan IBAcc

Baca lebih lanjut>
Salam dari Laussane, Swiss
09 Mar 2021

Selamat atas petualangan baru Anda di Swiss, Helene Lydia

kami sangat senang sekali & bangga mendengar pencapaian baru Anda

πŸ˜ƒ

Helene Lidya Egaputri adalah salah satu lulusan B2013 kami

Helene memulai karirnya di PT HM Sampoerna sebagai Operations Graduate Trainee (GT) pada Mei 2017 setelah lulus dari IBAcc

Setelah bekerja di PMI Indonesia selama 3 tahun 8 bulan Helene mendapat kesempatan untuk bekerja selama 12 bulan di PM Swiss πŸ‡¨πŸ‡­

“Saya ditugaskan dalam 3 fungsi Operasi dan tugas lintas fungsi untuk Pemasaran. Setelah menyelesaikan program GT, saya bergabung dengan departemen Supply Chain sebagai eksekutif Layanan Pelanggan di mana saya bertanggung jawab atas pesanan ekspor dan proses pengiriman HMS ”. ucap Helene menambahkan

 

jadi tunggu apa lagi?

mari bergabunglah dengan kami program Akuntansi Bisnis Internasional kami di mana semua kemungkinan mungkin untuk dicapai

#petrachristianuniversity #pcu #internationalbusinessaccounting #ibacc # ibacc2013 #ukpetra #swiss

 

 
Baca lebih lanjut>
IBACC representing Indonesia on ACCA Regional Student Virtual Conference
19 Agu 2020

one of our student named Audrey Victoria IBAcc from batch 2016 had a very fun and enjoyable moment of her life on August 14th 2020.

she and 2 other ACCA students become the speakers in ACCA Regional Student Virtual Conference

she's representing Indonesia, Ashwini representing Singapore and Normalina representing Malaysia.

 

the three of them shared their experience in succeding and passing the exam after failing several times.

 

when you fall, get back up.

when you fail, take a moment to look back at where you fail and improvise

 

never give up to pursue your dream.

Baca lebih lanjut>
Petra International Business Accounting Competition (PIBAC)
27 Agu 2019

On 24 - 26 July 2019, International Business Accounting Petra Christian University held an event which is Petra International Business Accounting Competition (PIBAC). The theme of the PIBAC this year is "Olympus: Triumph of Victory". This event was held in Petra Christian University and East Coast Center Surabaya.

The Participant of PIBAC are Senior High School students in Surabaya. This event start with the Briefing and Technical Meeting where the participant needs to present the case study that they get. In the second day, They need to join the rally games. Last day, the participant needs to present again for the final things to the judges.

Finally, from the three days that they need to join, there is some winners which are SMA Petra 2, SMA Petra 1, and SMA St. Louis 1 Surabaya.

Besides, you can also see the documentation of the PIBAC event.

Baca lebih lanjut>
IBAcc Team Won Two Titles in The Accounting Paper Competition
02 Agu 2019

Adeline Lionivia, Ericka Tanoyo, and Mikhael Eliezer students from International Business Accounting Program (IBAcc), Petra Christian University, they won two titles in the competition of Accounting "Widya Mandala Speaks on Accounting" or (WIMASING) in Surabaya 2 - 4 May 2019.

Their paper that can make the won two tiltles, entitles "Analisa Manfaat XBRL dan Dampaknya Bagi Akuntan Muda Dalam Era Digitalisasi". There are two stages in this competition which are preliminary stages and main stages which is presentation. in the presentation they only get 15 minutes to present their paper.

This Team need to compete with the others 14 team from 12 Universities. At first, one member of their team feel not confidence, but because of the encouragement from the othes two members they can stay until the end of the competition. This team also can get the price for around 5.500.000 Rupiah, get trophy and certificate.

Baca lebih lanjut>
Wisudawan 2014 dengan IPK Tertinggi
03 Sep 2018

Seorang alumnus SMAKr.Petra 1 Surabaya mencatat-kan diri sebagai wisudawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi dari Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kristen Petra (UKP), dia adalah Jennie Winoto dengan IPK 3,85. Pencapaian ini merupakan bukti konsistensi kualitas dan dedikasi dalam pembelajaran. Berikut adalah sharing Jennie tentang prestasi tersebut. 

Selama masa perkuliahan di Program International Business Accounting (IBAcc), menurut Jennie kegiatan organisasi dan tugas - tugas presentasi merupakan kegiatan-kegiatan yang penting. Jennie menjalani kegiatan dan tugas mahasiswa tersebut dengan pemikiran "The most important thing is to enjoy your life - to be happy - it's all that matters". Menurutnya dengan menikmati hidup dan bersukacita, kita bisa senantiasa bersyukur dan menerima keadaan sehingga bisa selalu fokus pada tujuan utama. Saat ini yang menggembirakan sebelum wisuda, Jennie telah bekerja di salah satu perusahaan terkemuka Indonesia. Mengingat kembali masa perkuliahan, Jennie mengatakan "Kegiatan dan tugas yang padat waktu kuliah terasa berat. Tapi ternyata berguna karena melatih skill komunikasi khususnya saat bekerja". 

Skripsi sebagai tugas akhir studi Jennie berjudul "The Relationship of Working Capital Management and Board Diversity toward Firm Performance (Evidence from LQ45 Companies)". Dalam penelitian ini, Jennie menganalisa data sekunder yang didapatnya dari fasilitas FE yaitu Laboratorium Pasar modal yang dikenal sebagai BLoomberg. Penelitiannya melihat hubungan interaksi antara manajemen modal kerja dan board diversity (keberagaman dalam dewan komisaris) dan pengaruhnya terhadap performa perusahaan. Perusahaan yang diamati adalah perusahaan yang terdaftar di indeks LQ45, yaitu indeks dari BEI yang menunjukkan 45 perusahaan yang sahamnya paling sering diperdagangkan.

Baca lebih lanjut>
Wisudawan IPK Tertinggi
22 Agu 2017

Natalia Ivana Halim lulusan SMA Ciputra ini kuliah di Program International Business Accounting (IBAcc) UK Petra dan lulus dengan IPK 3,98. Difasilitasi oleh program sertiftkasi yang terintegrasi dalam kuliah, dalam kurun waktu empat tahun perkuliahannya, Natalia sudah mengoleksi tiga gelar, yaitu: Sarjana Akuntansi dari UK Petra; Graduate Management Accountant dari CMA; dan Advanced Diploma in Accounting and Business dari Oxford Brookes University. la akan menyelesaikan satu gelar lagi yaitu gelar Bachelor in Accounting di waktu dekat ini.

Untuk memperkaya ilmu yang didapat dari perkuliahan, Natalia mengikuti program pertukaran pelajar ke Hochschule Mainz, Jerman dimana ia mengambil kelas Behavioral Logistics, Case Studies in Management, dan Bahasa Jerman. Wanita kelahiran 25 Desember 1995 ini terpacu menggapai semua pencapaian ini karena ingin selalu do the best dan tidak mau setengah-setengah apabila melakukan sesuatu, dan yang paling utama ia ingin membuat orangtuanya bangga. Skripsi Natalia bertajuk "Board of Directors, Intellectual Capital dan Kualitas Earnings di Indonesia dan Malaysia". Skripsi ini berangkat dari adanya kecenderungan perekayasaan pelaporan laba akuntansi (Earnings Management) yang mengarah ke tindakan ilegal. Earnings management akan mempengaruhi Earnings Quality{EQ), yaitu mutu pelaporanlaba. Intellectual Capital (IC) adalah aset berupa talenta atau hak intelektual. Economics, Secara teoritis, Dewan Direksi (Board of Directors/ BOD) suatu perusahaan memegang peran utama dalam mempengaruhi EQ dan IC.

Natalia meneliti seberapa besar pengaruh BOD terhadap EQ dan IC di Indonesia dan Malaysia. Indonesia dan Malaysia adalah ideal untuk diperbandingkan karena selain letak geografis yang dekat, kedua negara ini memiliki dimensi Hofstede kesamaan dalam kebudayaan di aspek-aspek: power distence: collectivism; uncertainty avoidance: dan masculinity. Natalia melakukan pengumpulan data sekunder melalui catatan Bloomberg dan laporan tahunan beberapa perusahaan dan kemudian melakukan komparasi. Hasil yang didapatkan adalah pengoptimalan BOD di Indonesia sangat penting untuk meningkatkan kualitas laba di Indonesia.

Baca lebih lanjut>
Menampilkan 1-11 dari 11 item.