Audit Global Workshop

10 Jun 2019

Sunway University, salah satu universitas terkemuka di Malaysia, mengadakan "Audit Simulation" setiap semester sejak tahun 2015. Acara yang merupakan buah pikiran dari bapak Teo Ee Sing ini, Executive Director dari Sunway College, diselenggarakan dengan kolaborasi antara Sunway TES Centre of Accountancy Excellence (STES CAE) dan ACCA. Acara ini juga didukung oleh 5 firma audit multinasional yang akrab disebut "Big 5" di Malaysia, yaitu Binder Dijker Otte (BDO), Deloitte, Klynveld Peat Marwick Goerdeler (KPMG), Pricewaterhouse Coopers (PwC), dan Ernst & Young (EY).

Yang membuat acara tahun ini berbeda adalah ini merupakan kali pertama mereka mengundang peserta internasional dari berbagai belahan dunia. Untuk pertama kalinya, "Global Audit Simulation" ini diadakan selama 10 hari dan diikuti lebih dari 200 peserta dari 6 negara yaitu Dubai, Bahrain, India, Oman, Indonesia dan Malaysia. Pada kesempatan kali ini, mahasiswa program studi International Business Accounting (IBAcc) dari Universitas Kristen Petra juga mendapatkan kesempatan unik untuk mengikuti program ini dengan mendapatkan beasiswa dari Association of Chartered Certified Accountant (ACCA) Indonesia untuk biaya pendaftaran dan akomodasi di Sunway - Monash Residence.

Pada hari pertama, para peserta Internasional disambut secara khusus dengan tour di sekitar kawasan Sunway dan jamuan makan malam ala Timur Tengah oleh ACCA Malaysia. Acara pada hari berikutnya merupakan sebuah crash course sepanjang 6 jam tentang berbagai tahapan audit yang difasilitasi oleh Accounting firm - EY Malaysia.  Pelajaran yang didapatkan kali ini sama sekali berbeda dengan apa yang selama ini kami pelajari dari buku dan diharapkan dapat membantu kami dalam simulasi yang dimulai pada hari ke-3.

Pada hari ketiga, kami akhirnya dapat menemui anggota tim yang akan bekerja dengan kami untuk sekitar satu minggu kedepan. Mulai hari ini juga kami menjalani jam kerja yang panjang, dari pukul 8 pagi sampai 10 malam. Jam kerja yang disediakan pada dasarnya sangat fleksibel,  tidak ada paksaan bagi para peserta untuk bekerja sampai jam 10 malam.  Akan tetapi saat simulasi dimulai, para peserta Global Audit Simulation sangat antusias, banyak tim harus diingatkan untuk pulang pada jam 10 malam. Bahkan pada beberapa hari terakhir, panitia penyelenggara menambah jam kerja hingga pukul 11 malam  untuk memfasilitasi beberapa tim yang ingin melanjutkan audit mereka.  

Pada hari terakhir, semua kelompok harus mempresentasikan hasil temuan audit mereka di hadapan audit manager dari kelima firma audit di atas. Lalu pada acara penutupan, kelompok-kelompok terbaik akan mendapatkan hadiah dari Sunway TES untuk performanya yang baik. Universitas Kristen Petra juga dapat berbangga karena kelompok dari 2 mahasiswa kita, William Sion Tanggara dan Regina Karjohardjo menjadi kelompok terbaik yang masing-masing di- review oleh EY dan KPMG. 

Mengikuti acara ini merupakan keputusan yang tepat karena kami mendapatkan peluang istimewa untuk mendapatkan pengalaman praktis mengaudit sebuah perusahaan sebelum terjun ke dalam karir audit itu sendiri. Terlebih lagi, kami juga mendapatkan kesempatan untuk bekerja bersama dan berteman dengan tidak hanya mahasiswa dari Malaysia, namun juga mahasiswa dari negara-negara lain. 


Close previewer